1.
Nama
Perusahaan
Perusahaan
pembuat makanan khas Jogja ini dinamakan Bakpia Pathok 25
a. Latar
Belakang
Nama Perusahaan
ini sesuai dengan nomor rumah tempat lokasi pabrik pembuatan yaitu 25, ini diambil dengan maksud memudahkan
konsumen datang ke perusahaan. Sebelumnya sempat mengunakan nomor 38 dan 39.
b. Sejarah
Berdirinya
Bakpia
mulai diproduksi dikampung Pathok Yogyakarta sejak tahun 1948, dan Perusahaan
Bakpia Pathok 25 mulai beroperasi sejak tahun 1970an. Pada awalnya usaha ini
hanya sebagai usaha sampingan keluarga. Proses produksi saat itu hanya
mengunakan oven dengan bahan bakar arang. Penjualan pada saat itu dilakukan secara
eceran dan dikemas dengan besek tanpa label.
Tahun
1980, penjualan bakpia mulai dikemas dengan menggunakan merek dagang sesuai dengan
nomor rumah dan perusahaan ini sempat menggunakan merek 38 dan 39 hingga pada
tahun 1998 menggunakan nama Bakpia Pathok 25.
2.
Faktor
Pemicu
Adapun
faktor yang memicu usaha ini adalah :
1. Lingkungan
Lokasi
Perusahaan berada di lingkungan yang sebagian besar masyarakatnya membuat Bakpia mendorong pemilik untuk membuka usaha
pembuatan bakpia
2. Keluarga
Perusahaan ini
berawal dari bisnis keluarga sehingga kepemilikan usaha bersifat “diwariskan”
3. Persaingan
Berada satu
lokasi dengan perusahaan yang sejenis menuntut inovasi dan kreativitas dari
pemilik perusahaan agar perusahaannya terus berkembang.
4. Dukungan
dari Pemda
Toko-toko dan
pabrik pembuat bakpia di seputaran pathuk dijadikan sebagai salah satu lokasi
wisata belanja oleh-oleh
3.
Karakteristik
dari Wirausaha
Karakteristik
yang dimiliki wirausaha adalah :
a. Pekerja
keras
Untuk mewujudkan
usaha menjadi perusahaan yang berkembang menjadi besar menuntut pemiliknya
bekerja keras.
b. Kreatif
dan inovatif
Kreatif dan
inovatif terlihat dari beragamnya rasa bakpia yang dibuat dan proses pemasaran
yang dilakukan
c. Disiplin
dan teliti
Disiplin dalam
perencanaan dan tindakan, serta dalam menjaga image perusahaan berkaitan
produk, maka pemilik tetap konsisten dengan penggunaan bahan baku yang
berkualitas tinggi
d. Komunikatif
(Menjaga hubungan baik)
Komunikatif
baik dengan karyawan, pelanggan maupun masyarakat sekitar sehingga pemilik
mengatahui apa yang diinginkan karyawan dan pelanggan.
4.
Perkembangan
Usaha
a. Produksi
Perusahaan
Bakpia Pathok 25 dibawah kepemimpinan
Bapak Arlen Sanjaya (sebagai Penerus) terus berkembang. Mulai dari produksi yang meningkat, penggunanaan alat
produksi tidak lagi hanya oven dengan bahan bakar arang tapi sudah ditambah
dengan oven dengan menggunakan gas.
Pada
awal berdiri produksi dilakukan sendiri, seiring dengan banyaknya permintaan,
proses produksi dibantu dengan tetangga sekitar, Sekarang proses produksi
dibantu dengan 40 karyawan tetap namun jika pesanan meningkat atau pada
waktu-waktu tertentu (Hari raya, liburan) maka proses produksi dibantu dengan
karyawan tidak tetap
b. Produk
dan Pemasaran
-
Produk
Bakpia yang dibuat pada
awalnya hanya bakpia kacang Ijo dan sekarang bakpia yang dibuat dengan 7
pilihan yaitu :
1). Bakpia kacang ijo
dengan cita rasa khas original kacang ijo
2). Bakpia Nanas dengan cita rasa khas nanas
3). BakpiaCoklat dengan rasa coklat
4).
Bakpia Keju dengan rasa keju
5).
Bakpia Durian dengan rasa durian
6).
Bakpia Kumbu dengan rasa kacang hitam
7).
Bakpia Aneka Rasa yaitu berisi dengan berbagai macam rasa bakpia pathok 25
Kemasan dari produk juga berganti darai waktu ke waktu
bisa dilihat dari gambar berikut :
1. Kemasan
awal dengan menggunakan besek
2. Box
/ Kemasan pertama kali Produk bakpia pathok 25 yang menggunakan kotak
3. Box
/ Kemasan Dos bakpia pathok 25 setelah melalui proses perkembangan akhirnya
menjadi seperti Kemasan Produk yang sekarang dipakai
4. Box
/ Kemasan Dos pertama bakpia pathok 25 ini digunakan untuk membawa bakpia dan
oleh-oleh lainnya yang telah dibeli dari toko kami
5. Box
/ Kemasan Dos sekarang bakpia pathok 25
ini digunakan untuk membawa bakpia dan oleh-oleh lainnya yang telah dibeli dari
toko kami
-
Pemasaran
Pada awal berdirinya,
pemasaran hanya dilakukan dengan dijual disekitar kampung, lama kelamaan
dikenal masyarakat dan orang mulai berdatangan ke rumah sehingga dibuat toko
dirumah sekaligus tempat pembuatan. Sekarang bakpia pathok 25 memiliki 5 tempat
penjualan, yaitu :
1). PABRIK
/ PUSAT,
Jl. AIP II KS Tubun NG I/504
Telp. (0274) 513904, 566122 Yogyakarta
Telp. (0274) 513904, 566122 Yogyakarta
2). ONGKO JOYO,
Jl. AIP II KS Tubun 65
Telp. (0274) 512219, 583237 Yogyakarta
Telp. (0274) 512219, 583237 Yogyakarta
3). PATHOK,
Kois Pasar Pathok 14-18
Telp. (0274) 561551 Yogyakarta
Telp. (0274) 561551 Yogyakarta
4). KEMBANG
JAYA,
Jl. Laksda Adisucipto KM.9
Telp. (0274) 484458 Yogyakarta
Telp. (0274) 484458 Yogyakarta
5). BANDARA JAYA,
Jl. Laksda Adisucipto KM.9
Telp. (0274) 484458 Yogyakarta
Telp. (0274) 484458 Yogyakarta
Perkembangan
pemasaran selain dengan mengunakan
selebaran pamplet juga dengan media online yaitu mengunakan layanan internet
dengan menggunakan web dengan alamat Bakpia Pathok25.com.
5. Keuntungan
dan Hambatan Usaha
- Keuntungan
Pendapatan
perusahaan bervariasi tergantung kondisi penjualan. Penjualan meningkat pada
saat liburan, hari raya atau perayaan tertentu.
- Hambatan
usaha
1).
Produk
Daya tahan produk yang hanya bertahan sampai 4
hari menyebabkan lokasi penjualan hanya wilayah Yogyakarta saja, sedangkan bila
ada pesanan hanya melayani wilayah pulau jawa.
2).
Pesaing usaha
Pesaing
usaha bisa berasa lokasi usaha yang berada dikawasan sentra bakpia juga dari
kawasan perdagangan lain yang menjual bakpia dengan harga murah.
6. Kekhasan
dari usaha
Selain rasanya yang
khas, kekhasan Bakpia Pathok yang mengusung “Yang baru pasti hangat & Enak”
maka Bakpia Pathok 25 selalu menyajikan bakpia yang baru dan hangat. Stok
barang dilakukan setiap 2 (dua) jam sekali.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar