Rabu, 21 November 2012

Pulau Kaget, Wisata di Kecamatan Tabunganen

Pulau Kaget adalah pulau yang terbentuk dari delta berada di tengah-tengah suengai Barito.secara Administratif pulau ini berada Kecamatan Tabunganen, Kabupaten Barito Kuala. Pulau ini membatasi kecamatan Tabunganen dengan Kabupaten Banjar. Pulau dengan luas  63,60 Ha berfungsi sebagai Suaka Margasatwa pada 27 September 1999. Oleh penduduk pulau ini juga di manfaatkan sebagai sawah. untuk sampai ke pulau ini diperlukan waktu 1 sampai 1,5 jam perjalanan  dari Banjarmasin melalui sungai tergantung dari alat transportasi yang digunakan, jika menggunakan klotok memakan waktu 1,5 jam. Jika menggunakan speedboat hanya memakan waktu 1 jam perjalanan.

Pulau ini merupakan merupakan habitat dari hewan yang menjadi maskot propinsi Kalimantan Selatan yaitu Bakantan.  Bakantan (Nasalis larvatus)   merupakan hewan lokal yang seperti monyet dengan hidung mancung dan berbulu kuning, penduduk lokal menyebutnya monyet belanda. Populasi hewan ini semakin hari semakin berkurang. hal ini disebabkan rusaknya hutan rambai (pohon yang tumbuh di pulau kaget) yang menjadi makanan mereka. Untuk melihat bekantan, kita bisa menyusuri sepanjang pulau, biasanya bekantan terlihat berdiam atau berlompatan dipepohonan rambai.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi pulau ini adalah pagi sampai siang, karena pada saat itu cuaca tidak terlalu panas. jika anda berkunjung pada waktu sore pastikan anda bisa berenang dan membawa alat keselamatan, karena biasanya pada sore hari ombak besar akibat adanya angin yang bertiup kencang.pastikan juga alat transportnya besar dan kondisinya bagus. Namun jika suaca bersahabat, anda akan menikmati suasa yang mengasyikkan, apalagi jika anda membawa makanan. kita bisa mengambil posisi dipinggir pulau untuk tambat sembari menikmati makanan yang kita bawa, sambil menghitung kapal yang dari jawa atau pulau lainnya yang masuk atau keluar dari pelabuhan trisakti. Tertarik..., ayo berwisata lagian wisata ini gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar