Jumat, 06 Januari 2012

Bakpia pathok 25


1.      Nama Perusahaan
Perusahaan pembuat makanan khas Jogja ini dinamakan Bakpia Pathok 25
a.       Latar Belakang
Nama Perusahaan ini sesuai dengan nomor rumah tempat lokasi pabrik pembuatan yaitu  25, ini diambil dengan maksud memudahkan konsumen datang ke perusahaan. Sebelumnya sempat mengunakan nomor 38 dan 39.

b.      Sejarah Berdirinya
Bakpia mulai diproduksi dikampung Pathok Yogyakarta sejak tahun 1948, dan Perusahaan Bakpia Pathok 25 mulai beroperasi sejak tahun 1970an. Pada awalnya usaha ini hanya sebagai usaha sampingan keluarga. Proses produksi saat itu hanya mengunakan oven dengan bahan bakar arang. Penjualan pada saat itu dilakukan secara eceran dan dikemas dengan besek tanpa label.  

Tahun 1980, penjualan bakpia mulai dikemas dengan menggunakan merek dagang sesuai dengan nomor rumah dan perusahaan ini sempat menggunakan merek 38 dan 39 hingga pada tahun 1998 menggunakan nama Bakpia Pathok 25.

2.      Faktor Pemicu
Adapun faktor yang memicu usaha ini adalah :
1.      Lingkungan
Lokasi Perusahaan berada di lingkungan yang sebagian besar masyarakatnya membuat  Bakpia mendorong pemilik untuk membuka usaha pembuatan bakpia


2.      Keluarga
Perusahaan ini berawal dari bisnis keluarga sehingga kepemilikan usaha bersifat “diwariskan”
3.      Persaingan
Berada satu lokasi dengan perusahaan yang sejenis menuntut inovasi dan kreativitas dari pemilik perusahaan agar perusahaannya terus berkembang.
4.      Dukungan dari Pemda
Toko-toko dan pabrik pembuat bakpia di seputaran pathuk dijadikan sebagai salah satu lokasi wisata belanja oleh-oleh

3.      Karakteristik dari Wirausaha
Karakteristik yang dimiliki wirausaha adalah :
a.       Pekerja keras
Untuk mewujudkan usaha menjadi perusahaan yang berkembang menjadi besar menuntut pemiliknya bekerja keras.
b.      Kreatif dan inovatif
Kreatif dan inovatif terlihat dari beragamnya rasa bakpia yang dibuat dan proses pemasaran yang dilakukan
c.       Disiplin dan teliti
Disiplin dalam perencanaan dan tindakan, serta dalam menjaga image perusahaan berkaitan produk, maka pemilik tetap konsisten dengan penggunaan bahan baku yang berkualitas tinggi
d.      Komunikatif (Menjaga hubungan baik)
Komunikatif baik dengan karyawan, pelanggan maupun masyarakat sekitar sehingga pemilik mengatahui apa yang diinginkan karyawan dan pelanggan.


4.      Perkembangan Usaha
a.       Produksi
Perusahaan Bakpia Pathok  25 dibawah kepemimpinan Bapak Arlen Sanjaya (sebagai Penerus) terus berkembang. Mulai dari  produksi yang meningkat, penggunanaan alat produksi tidak lagi hanya oven dengan bahan bakar arang tapi sudah ditambah dengan oven dengan menggunakan gas.
Pada awal berdiri produksi dilakukan sendiri, seiring dengan banyaknya permintaan, proses produksi dibantu dengan tetangga sekitar, Sekarang proses produksi dibantu dengan 40 karyawan tetap namun jika pesanan meningkat atau pada waktu-waktu tertentu (Hari raya, liburan) maka proses produksi dibantu dengan karyawan tidak tetap

b.      Produk dan Pemasaran
-          Produk
Bakpia yang dibuat pada awalnya hanya bakpia kacang Ijo dan sekarang bakpia yang dibuat dengan 7 pilihan yaitu :
1). Bakpia kacang ijo dengan cita rasa khas original kacang ijo


       



 2). Bakpia Nanas dengan cita rasa khas nanas


3). BakpiaCoklat dengan rasa coklat


4). Bakpia Keju dengan rasa keju
       


5). Bakpia Durian dengan rasa durian


6). Bakpia Kumbu dengan rasa kacang hitam


7). Bakpia Aneka Rasa yaitu berisi dengan berbagai macam rasa bakpia pathok 25

Kemasan dari produk juga berganti darai waktu ke waktu bisa dilihat dari gambar berikut :
1.      Kemasan awal dengan menggunakan besek
    
2.   Box / Kemasan pertama kali Produk bakpia pathok 25 yang menggunakan kotak

3.      Box / Kemasan Dos bakpia pathok 25 setelah melalui proses perkembangan akhirnya menjadi seperti Kemasan Produk yang sekarang dipakai


4.      Box / Kemasan Dos pertama bakpia pathok 25 ini digunakan untuk membawa bakpia dan oleh-oleh lainnya yang telah dibeli dari toko kami
5.      Box / Kemasan Dos sekarang  bakpia pathok 25 ini digunakan untuk membawa bakpia dan oleh-oleh lainnya yang telah dibeli dari toko kami



-            Pemasaran
Pada awal berdirinya, pemasaran hanya dilakukan dengan dijual disekitar kampung, lama kelamaan dikenal masyarakat dan orang mulai berdatangan ke rumah sehingga dibuat toko dirumah sekaligus tempat pembuatan. Sekarang bakpia pathok 25 memiliki 5 tempat penjualan, yaitu :
1). PABRIK / PUSAT,
Jl. AIP II KS Tubun NG I/504
Telp. (0274) 513904, 566122 Yogyakarta
2). ONGKO JOYO,
Jl. AIP II KS Tubun 65
Telp. (0274) 512219, 583237 Yogyakarta
3). PATHOK,
Kois Pasar Pathok 14-18
Telp. (0274) 561551 Yogyakarta

4).  KEMBANG JAYA,
Jl. Laksda Adisucipto KM.9
Telp. (0274) 484458 Yogyakarta

                      5).    BANDARA JAYA,
Jl. Laksda Adisucipto KM.9
Telp. (0274) 484458 Yogyakarta

Perkembangan pemasaran   selain dengan mengunakan selebaran pamplet juga dengan media online yaitu mengunakan layanan internet dengan menggunakan web dengan alamat Bakpia Pathok25.com.

5.      Keuntungan dan Hambatan Usaha
-       Keuntungan
Pendapatan perusahaan bervariasi tergantung kondisi penjualan. Penjualan meningkat pada saat liburan, hari raya atau perayaan tertentu.

-       Hambatan usaha
1). Produk
 Daya tahan produk yang hanya bertahan sampai 4 hari menyebabkan lokasi penjualan hanya wilayah Yogyakarta saja, sedangkan bila ada pesanan hanya melayani wilayah pulau jawa.
2). Pesaing usaha
Pesaing usaha bisa berasa lokasi usaha yang berada dikawasan sentra bakpia juga dari kawasan perdagangan lain yang menjual bakpia dengan harga murah.

6.      Kekhasan dari usaha
Selain rasanya yang khas, kekhasan Bakpia Pathok yang mengusung “Yang baru pasti hangat & Enak” maka Bakpia Pathok 25 selalu menyajikan bakpia yang baru dan hangat. Stok barang dilakukan setiap 2 (dua) jam sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar